Cara Membuat Kimchi

Meneruskan Posting sebelumnya tentang masakan Kimchi khas Korea maka kali ini saya coba untuk menyajikan bagaimana cara membuatnya, varietas Kimchi di Korea sangatlah banyak namun yg paling umum dan terkenal adalah Kimchi yg terbuat dari Kubis karena  Kim chi yang dibuat dengan kubis sangat sarat dengan indole-3-carbinol (I3C), suatu senyawa yang juga diakui sebagai senyawa pelawan kanker yang kuat. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa I3C dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker dan bahkan dapat menghentikan pertumbuhan tumor pada tubuh.

Berikut cara buatnya :

  • Sediakan Kubis segar kemudian cuci lalu dipotong sedang tidak usah terlalu kecil

  • Garam secukupnya agar terasa agak sedikit asin  yang sebelumnya garam sdh dilarutkan dengan air hangat lalu tuangkan kedalam potongan kubis tadi kemudian diaduk rata sambil diremas pelan pelan lalu didiamkan selama 4 jam pada suhu kamar, penambahan garam disini berfungsi untuk mengeluarkan kelembaban pada kubis dan berfungsi jg sebagai pengawet.

Tampilan Kubis setelah di biarkan selama 4 jam

Siapkan Bumbu bumbunya :

  • Bubuk Cabai merah besar halus (1/4  cangkir) Larutkan dengan air hangat
  • Bawang putih cincang (1 sendok makan)
  • Jahe cincang (1 sendok makan)
  • Tiga sampai empat daun bawang, iris.
  • Dua sendok makan saus ikan teri atau saus ikan. Jika Anda lebih memilih versi vegetarian, Anda dapat melewatkan langkah ini.
  • Gula secukupnya sebagai rasa manis
  • Buah apel dan buah pir setengah mateng ukuran kecil diblender untuk ramuan adonannya.

Masukkan semua bumbu dan adonan ramuan kedalam Kubis yang tadi sudah dibiarkan selama 4 jam dalam suhu kamar kemudian dicampur agar bumbu dan adonan meresap.

Maka tampilannya akan seperti ini setelah dicampurkan bumbu dan adonan ramuan tersebut

Kemudian masukkan adonan kubis kedalam wadah yang mempunyai tutup, jangan di isi sampai penuh berikan sedikit ruang agar hasil fermentasinya sempurna, lalu biarkan dalam suhu kamar selama 24 jam dalam keadaan tertutup setelah itu baru dimasukkan ke dalam pendingin atau Kulkas, selama 3 atau 4 hari atau lebih karena Kimchi bisa tahan sampai 2, 3 bulan semakin lama proses fermentasinya maka tingkat keasamannya semakin tinggi.

Kimchi yang baik adalah saat sudah berumur sekitar satu minggu.

selamat mencoba….

Idul Fitri KBRI Seoul korea

Hari minggu pagi 19 Agustus 2012 Pemandangan berbeda terlihat di Stasiun Daebang Seoul, sebuah stasiun Subway (Kereta bawah tanah) yang berdekatan dengan Komplek Kedutaan Republik Indonesia Korea Selatan, bagaimana tidak beda…. yang semula stasiun ini setiap harinya dipenuhi oleh warga korea yg setiap harinya menggunakan angkutan masal ini namun pagi ini sekitar jam 06 : 00 sampe jam 08:30 penuh sesak dengan wajah pribumi anaknya ibu Pertiwi alias muka muka ganteng orang indonesia :D. para penduduk Indonesia yang berada di Korea Selatan Khususnya Seoul dan sekitarnya tumpah ruah memenuhi komplek KBRI Seoul tempat pelaksanaan sholat Ied Fitri 1433 H.

Suasana lebaran Tahun ini agak sedikit berbeda karena memanga jatuh pada hari libur jadi bisa dipastikan hampir semua masyarakat Indonesia di Korea selatan bisa menghadiri pelaksanaan Shilat Idul Fitri terutama bagi para Pahlawan Devisa yang merupakan mayoritas penduduk Indonesia yg tinggal di Korea selatan, dari data KBRI seoul saat ini ada sekitar 36.000 penduduk indonesia yg tinggal dikorea dan sekitar 32.000 orang adalah para pekerja yg mengais riski di negeri Ginseng ini dan sisanya adalah pelajar dan lain lain. karena banyaknya jamaah yang datang lebih dari puluhun ribu, pihak Panitia menyediakan tempat serta menbaginya menjadi 4 gate, gate pertama di pelataran Halaman depan kantor KBRI, gate kedua di halaman samping Aula, gate ketiga dihalaman tempat parkir dan gate keempat dilapangan Tennis khusus buat jamaah perempuan.

Untuk mengetahui  suasananya seperti apa tonton aja Video berikut :

dan yang paling melehkan adalah proses antre saat wudhu, saya yg saat itu sampe di Komplek KBRI sekita pukul 07:30 dan langsung ikut antre  ternyata dapat gilirin saat jam ditangan sdh menunjukkan pukul 08:10 butuh waktu 40 menit untuk bisa berwudhu karena banyak dan panjangnya antrian maklum kran tempat wudhu sekitar 30 bh sementara yg antre ribuan orang.

Tepat pukul 09:00 sholat Idul fitri pun dimulai dibawah gunyuran gerimis kecil namun tdk mengurangi kekhusuan pelaksanaan nya. kemudian dilanjutkan dengan khutbah dan terakhir Doa,  disesi acara doa ini tdk terasa setes air jatuh membasahi baju yang kupakai eh ternyata air itu bersumber dari mata sebelah kiri, teringat yg dirumah..teringat bagaimana bahagianya jika saat ini kumpul sama 2 bidadari kecilku, bagaimana rasanya bercanda ria dengan sanak saudara, bagaimana indahnya bisa mencium tangan orang yang dulu melahirkanku, bagaimana dan bagaimana??? eh ternyata orang orang disekitar sudah pada berdiri dan berarti acara dh mau selesai riuh rendah suara orang orang yg mulai berjabat tangan memecah lamunan.

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَمنٌِكُمٌ صِيَامَنَا وَصِيَامَكُمٌ

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

Sebelum Berangkat Pulang Narsis Dulu :D :D

Taman Sebelah KBRI Seoul

Berbuka dengan Ginseng Tea

Alhamdulillah tak terasa puasa dh masuk 10 hari terakhir, cepet banget rasanya.

Hari ini ada undangan Buka Puasa bareng sama teman teman satu komplek, waktu berbuka tinggal 1 setengah jam lagi kalo begitu berangkat..!!!!!!!!!! biar gak ketinggalan, sesampe dilokasi Bukber yg ditempuh hanya dengan naik bis  7 menit ternyata sdh pada kumpul smua dan duduk rapi nunggu waktu buat sikat habis hidangan yg ada :D (bales dendam coy..)

Satu jam sebelum berbuka acara muhasabah pun dimulai, duduk tafakkur sambil berdoa, mengingat kadar kebaikan dan keburukan yg telah dilakukan, merenung seberapa jauh dampak ibadah puasa yg sudah dilakukan terhadap perubahan pola pikir dan zikir kita. tidak lupa pula terlintas dalam benak,  ini adalah puasa yang ke-4 kalinya yang saya jalankan dinegeri Ginseng Korea dan Insya Allah menjadi puasa yg terakhir kalinya jauh dari keluarga dan tentunya tidak ingin terlau jauh melampaui rekornya Bang Toyib yang 3 kali puasa 3 kali lebaran gak pulang pulang :D :D

Dan waktu berbuka pun tiba, menu yg disuguhkan adalah menu menu khas indonesia cumen satu yang keliatan beda secangkir teh berwarna kemerah merahan yg ada tepat dihadapan kami masing masing, ya Ginseng Tea, teh yg dibuat dari Ginseng produk khasnya Korea. Srutt..srutt..ahh segarrr… rasa haus menjalan puasa 15 jam dgn cuaca panas luar biasa seakan hilang seketika.

Acara Buka Puasa selesai, alhamdulillah dh kenyang tinggal Tarawihnnya.

SOSOK GUSDUR dimata tokoh2 Dunia

Sikap humoris almarhum Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tidak hanya
dikenal di dalam negeri. Banyak tokoh dunia memuji Gus Dur sebagai pemimpin
dan ulama yang memiliki selera humor tinggi.
Bahkan, humor Gus Dur pun dikaji oleh para peneliti di Barat. Menteri Senior
Singapura Goh Chok Tong yang pernah bekerja sama dengan Gus Dur, menyatakan
Gus Dur sebagai seseorang yang cerdas dan memiliki rasa humor yang tinggi. Dia juga mengakui Gus Dur sebagai salah satu tokoh yang mengantarkan proses
demokrasi di Indonesia.
Tokoh Malaysia lainnya, Mahathir Mohamad juga mengatakan Gus Dur merupakan
orang yang memiliki kepribadian humoris. “Dia selalu memiliki cerita lucu yang
diceritakan kepada kita, meski kita sedang diskusi mengenai permasalahan serius,”
ujarnya.
Salah satu guyonan Gus Dur yang terkenal saat almarhum berkunjung ke Amerika
Serikat (AS) November 1999. Ketika itu, Gus Dur menceritakan lelucon saat
bertemu dengan Presiden AS Bill Clinton di Gedung Oval, Kompleks Gedung Putih,
tempat di mana Clinton berselingkuh dengan Monica Lewinsky.
Hanya saja, guyonan, lawakkan, anekdot, dan beragam selorohan mewarnai
komentar, ungkapan, ceramah bahkan pidato sekalipun, agak sulit dibedakan
antara keseriusan dan guyonan Gus Dur. Namun, satu hal yang bisa dipetik, setiap
cerita lucu Gus Dur selalu menyimpan makna dan misteri yang kadang sulit
diterka.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Arndt Graf dari International Institute
for Asian Studies (IIAS) Belanda mengenai “Humor dalam Politik Indonesia; Studi
Kasus Marketing Politik Gus Dur” menyebutkan bahwa Gus Dur memang
menggambarkan dirinya sebagai orang yang humoris.
Menurut Graf, humor-humor Gus Dur bukan hanya sambil lalu saja, melainkan
banyak dicetak dan diperbanyak oleh penerbit buku dan ditampilkan di mediamedia.
Humor-humor yang disampaikan Gus Dur lebih bersifat retorik. Tentunya
bertujuan sebagai pengantar, menjembatani kesenjangan sosial dengan orang lain,
dan untuk mencairkan suasana.
“Gus Dur juga ingin merebut simpati publik melalui humor,” paparnya. Dalam
penelitian Graf, budaya humor Gus Dur tidak lepas dari budaya wayang kulit yang
memiliki tokoh bernama Semar. Semar bersama dengan punakawan sering
melancarkan guyonan penuh makna dalam setiap pertunjukan. Bahkan, Graf pun
sedikit menyinggung bahwa sosok Gus Dur sering diibaratkan dengan Semar.
Sementara itu, Mark Woodward, seorang peneliti dalam penelitian bertajuk “Eulogy
for Abdurrahman Wahid (Gus Dur)” memuji kecerdasan Gus Dur dalam mengolah
lelucon dan anekdotnya. “Adanya kombinasi antara tradisi dan modernitas
menjadikan Gus Dur memiliki latar belakang sosial dengan dunia intelektual yang
kaya,” ujarnya.
Gus Dur mampu berbicara mengenai pemikiran modern dengan bahasa asing dan
memahami mendalam cerita klasik wayang dan sajak-sajak Arab. “Dia orang yang
tidak dapat diprediksi,” paparnya. Bahkan, ada lelucon umum dikenal oleh orang
Indonesia mengenai Gus Dur. Menurut Woodward, lelucon itu adalah “Ada dua hal
yang tidak mungkin diketahui”
Humor bagi Gus Dur adalah vitamin yang menyehatkan. Kata Moh. Mahfud M.D.,
menteri pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid, kini Ketua Mahkamah
Konstitusi.
“Gus Dur adalah guru bangsa, bapak bangsa, dan negarawan yang terhormat,” puji
SBY.

Oase ditengah Panasnya Sahara Seoul

Bismillahirohmanirohim..

Assalamualakum kawan…. Suasana liburan memang menyenangkan bisa buat santai dirumah, istirahat, dan tentunya yg paling menyenangkan jalan jalan, nah kali ini saya akan coba berbagi hasil  jalan jalan kemaren yaitu sebuah tempat yang sangat luar biasa, Rumah Allah atau sebuah masjid megah dipusat kota Seoul Korea selatan tepatnya i Itaewon. Masjid ini sangat gampang ditemukan letaknya karena hy cukup dengan naik Subway (kereta) line 6 dan turun di itaewon station trus lihat papan nama penunjuk arah Masjid. sudah beberapa kali berkunjung ke masjid ini tapi baru kali ini tergerak hati utk mempostingnya diblog (bilang aja udah gk ada bahan :D :D )

Masjid ini berada tepat diatas sebuah bukit jadinya sdh pasti saat jalan menuju masjid butuh tenaga ekstra karena jalan yg menanjak belum lagi godaan godaan lain disepanjang kiri kanan jalan seperti club malam, tempat karokean, dan tempat hiburan plus2 yg bertebaran banyak disekitar masjid. sungguh pemandangan yg sangat kontras dan luar biasa.

Kali ini suasana cukup rame terlihat ratusan orang hilir mudik kluar masuk areal masjid, kalau diperhatikan wajahnya sangat beragam Arab, pakistan, Banglades Eropa, dan tdk ketinggalan wajah yang mendominasi wajah wajah lugu Indonesia :D :D  karena memang bertepatan dgn libur dan bulan puasa.

Selain dijadikan Pusat pelaksanaan ibadah, Masjid ini juga sebagi pusat pendidikan islam utk anak anak muslim korea yg tinggal disekitar masjid yang setiap pagi dan sore terlihat anak2 muslim korea banyak sekali yg atang mengaji kayak TPQ lah kalau di indonesia. Selain itu Masjid ini jg dijadikan Markas KMF (Korean Muslim Federation) sebuah organisasi pemegang kekuasaan penuh terhadap umat muslim dikorea seperti salah satunya penentuan awal dan akhir ramadhan.

Yongsan Elektronic Market

Alhamdulillah Libur itupun datang lagi, sebagai pekerja Pabrik di negeri Ginseng  libur 5 hari adalah suatu hal yg luar biasa dan sangat ditunggu tunggu, waktu luang ini bisa digunakan buat istirahat dan tentunya tidak lupa jalan jalan :D :D

setiap ada waktu luang satu tempat yang tdk pernah terlupakan yaitu Yongsan, tepatnya Yongsan elektronic market sebuah pusat elektronic di Seoul Korea Selatan, disini tersedia berbagai macam alat alat elektronic beserta acecoriesnya, nah untuk lebih menvisualkanan kondisinya baiknya diceritakan pake gambar aja ya..

Letak Yongsan Elektronic market tepat berada diatas Yongsan Station , begitu keluar dari Yongsan station yg berada dibawah tanah secara otomatis sdh berada di Mall pusat elektronik yang setiap lantainya menjual jenis elektronik berbeda beda.

Seperti lantai I yg smua otletnya ngejual berbagai macam jenis kamera dan acesoriesnya, lantai II Ngejual HP, Tablet,  dan lain lainya sementara di lantai III di PC, Laktop dan sejenisnya….. karena merasa gak ada keperluan apapun disini akhirnya diputuskan perjalanan naik ke lantai berikutnya tdk diteruskan dan beralih kelain tempat. yaitu Pasar Lama yg banyak menyediakan elektronik baru dan second dengan harga lebih murah.

Letak Pasar lama diseberang jalan cukup hanya dengan melintasi lorong ini dr sebelaah kiri Mall maka sampailah dipasar lama

Disini tersedia berbagai jenis barang elektronik mulai dari PC, Laktop, HP, Ipad, IpHone, Kamera, de el el dengan segala acesoriennya  aik yang baru maupun second pastinya dengan harga murah dan bila anda pinter dan ahli dlm hal tawar menawar bs ipastikan bakal ngadapatin harga miring.

Tidak sampe Disitu aja keluar komplek pasar lama tepatnya diemperan toko toko sekitas pasar lama perpangpang sbuah pemandangan luar biasa terutama bagi anda yg sangat gemar dan ahli di bidang PC rakitan, disini Pc Rakitan dan spare part bertebaran disana sini.

Mulai dari Matherboard, Procecor, hardisk, Memory, VGA, Casing dan lain sebagainya digelar diatas lapak persis kayk orang jula cabe ma kacang panjang :D :D

Ni sibapak yg lagi jualan smbil teriak “dipilih pilih seribu satu beli 2 bonus satu :D :D

Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya

Tidak terasa minggu pertama Puasa tlah kita lewati

sy mulai berpikir!!! apa sih dampak yg sdh kt dapatkan dr seminggu puasa ramadhan yg sdh kt lalui??

ehmmmm..apa yah????

Oke deh, kiranya dalam memahaminya saya lebih  memilih menyitir dari sumber lagu pop saja,

jadi bolehlah saya meminjam syair karya Taufiq Ismail dalam lagunya Bimbo yang berjudul “Anak bertanya pada bapaknya”,

dalam lagu itu dikatakan demikian :

Ada anak bertanya pada bapaknya:

Buat apa berlapar-lapar puasa…?

Ada anak bertanya pada bapaknya:

Tadarus tarawih apalah gunanya…?

Lapar mengajarmu rendah hati selalu…

Tadarus artinya memahami kitab suci…

Tarawih mendekatkan diri pada Illahi…

Nah,

Karena saya bukan ahli agama, saya merenungkan makna dalam hal yang saya mengerti saja,

Untuk pembahasan yang lebih religius khan sudah banyak di luar sana… para ust , tuan guru dan Kyai.

dan mungkin ada baiknya tidak perlu meletakkan harapan terlalu tinggi untuk mendapatkan penyegaran rohani dari catatan ini.

coba liat di baris kelima “Lapar mengajarmu rendah hati selalu”,

Artinya, diyakini bahwa oleh sebab lapar, maka akibatnya kita akan belajar menjadi “rendah hati”. Jadi luar biasa sekali bahwa melatih rendah hati dapat dengan cara mensimulasi diri masuk dalam state of mind “lapar”.

Saya tidak tahu bagaimana tepatnya kondisi lapar bisa membuat seseorang belajar jadi rendah hati. Nanti pada bagian akhir kita akan lihat, apakah “rendah hati” ini memang bisa diwujudkan  dari suatu kondisi atas “lapar” pada makanan-minuman…

kita lanjukan dulu lagunya di akhir  syair kelima ada kata “selalu” yg kalau di artikan dlm bahasa arab sama dgn“istiqomah”

jadinya lapar yang dapat membentuk sifat rendah hati adalah lapar yg di implementasikan dengan berpuasa yang tdk cukup hanya dalam sehari saja melainkan satu bulan penuh…

dulu saya pernah belajar dari seorang ust, bahwa rendah hati bolehlah disamakan artinya dengan kata tawadhu’, yang merupakan lawan kata dari takkabur (sombong). Tawadhu’ berasal dari lafadz Adl-Dla’ah yang berarti kerelaan manusia terhadap kedudukan yang lebih rendah, atau rendah hati terhadap orang yang beriman, atau mau menerima kebenaran, apapun bentuknya dan dari siapapun asalnya.

Rendah hati tentunya berbeda dengan “mengesankan diri rendah hati”, secara keseluruhan benar-benar merupakan dua hal yang berbeda. Sesungguhnya “mengesankan diri rendah hati” justru merupakan bentuk “kesombongan diri”.

misalnya…seseorang yg dipercayakan untuk memegang suatu amanat dan tanggung jawab yang kiranya mampu utk dia laksanakan tapi dia tdk mau dengan alasan ingin merendahkan diri maka sekali lagi itu merupakan suatu “kesombongan diri

Nah, sejauh yang saya pahami, puasa adalah juga latihan pengelolaan hawa nafsu, bukan sekedar berhenti makan minum ketika siang, dan membalas dendam  ketika malam hari. Yang demikian itu sebenarnya hanyalah memindahkan jam biologis metabolisme saja.

Cukup banyak kita menyaksikan orang yang begitu sore sudah nggak sabar untuk berburu makanan nikmat, dan ditimbun banyak-banyak untuk dilahap penuh hasrat nafsu ketika waktu berbuka sudah tiba. Lucu sekali, ketika tidak sedang berpuasa, kita makan minum toh biasa-biasa saja, apa adanya.

Anehnya,,,,,, lantas ketika masuk bulan puasa, justru anggaran biaya rumah tangga melambung naik secara  signifikan!

Tiba-tiba muncul “mata anggaran” baru, karena harus menyiapkan makan-minum sahur yang lebih menimbulkan nafsu makan, menambahkan susu hangat dan coklat, menyiapkan berbagai vitamin untuk memperkuat badan.

Sorenya, menjelang buka puasa harus menyiapkan hidangan berbuka yang enak-enak, beli kue-kue jajanan pasar di “pasar kaget”, nambah minuman buah khusus semacam kolak atau koktil, dan lain-lain dan lain lainnya

Belum lagi untuk santapan bakda sholat tarawih,  serta cemilan malam hari.

Lha, kalau hanya memindah jam biologis makan seperti ini, lalu makna apa yang diperoleh dengan puasa ?

Tentu saja saya tidak ingin nyindir dengan semua itu.

Tentu saja boleh  kita nyiapin vitamin dan makan minum lebih enak…, dan tdk ada larangan ya khan??? :D :D

Jadi dari sini dapat disimpulkan, bahwa “rasa lapar” yang dimaksud tentunya bukan hanya lapar atas makan-minum, namun juga lapar yang disebabkan atas pengaruh manajemen / pengelolaan nafsu-nafsu yang lain.

Oke…, klop sudah….. saat kita kaitkan dengan syair lagu berikutnya:

Lapar mengajarmu rendah hati selalu

Tadarus artinya memahami kitab suci

Tarawih mendekatkan diri pada Illahi

Nah, jadi dalam kondisi yang rendah hati selalu, kita diharapkan banyak mempelajari dan memahami kitab suci, serta melakukan ibadah sholat malam/tarawih untuk mendekatkan diri padaNya.

Sempurna sekali! Rendah hati kepada Nya…, mengingat bahwa kita sebenarnya cuma hamba kecil ciptaanNya.

wallahu a’lam bissowab……

Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk SD/MI

Buku merupakan salah satu sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu permasalahan perbukuan dalam era otonomi daerah dewasa ini adalah ketersediaan buku yang memenuhi standar pendidikan nasional dengan harga murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Untuk mengatasi hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah membeli ak cipta buku teks pelajaran dari penulis/penerbit. Selanjutnya buku-buku tersebut disajikan dalam bentuk buku elektronik  (E-Book) dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE).

Nah buat Bapak ibu yang maseh punya anak Usia SD/MI atau Om Tante yang lagi punya ponakan maseh SD harus dikasihkan E-Book pelajaran ini biar lebih pinter n selalu dapet juara. tidak perlu membeli cd nya karena disini buku bukunya sdh digabungkan sesuai perkelas dan berisikan buku pelajaran elektronik (BSE) seluruh mata pelajaran, untuk download buku ini gratis kok alias gak pake bayar tinggal klik aja tauntan dibawah ini :

  1. Buku Pelajaran Elektronik Kelas 1
  2. Buku Pelajaran Elektronik Kelas 2
  3. Buku Pelajaran Elektronik Kelas 3
  4. Buku Pelajaran Elektronik Kelas 4
  5. Buku Pelajaran Elektronik Kelas 5
  6. Buku Pelajaran Elektronik Kelas 6

mudah2an bermanfaat

E-Book Karya Ibnu Hajar Al Asqalani

Kali ini kita akan coba berkenalan dengan seorang Ulama besar yakni Ibnu Hajar Al Asqalani dan mendapatkan karya karyanya secara gratis, kita akan mulai dengan mengulas sedikit tentang biografi beliau.

Nama sebenarnya Syihabuddin Abul Fadhl Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Hajar, al Kinani, al ‘Asqalani, asy Syafi’i, al Mishri. Kemudian dikenal dengan nama Ibnu Hajar, dan gelarnya “al Hafizh”. Adapun penyebutan ‘Asqalani adalah nisbat kepada ‘Asqalan’, sebuah kota yang masuk dalam wilayah Palestina, dekat Ghuzzah.  Beliau lahir di Mesir pada bulan Sya’ban 773 H, namun tanggal kelahirannya diperselisihkan. Beliau tumbuh di sana dan termasuk anak yatim piatu, karena ibunya wafat ketika beliau masih bayi, kemudian bapaknya menyusul wafat ketika beliau masih kanak-kanak berumur empat tahun. Ketika wafat, bapaknya berwasiat kepada dua orang ‘alim untuk mengasuh Ibnu Hajar yang masih bocah itu. Dua orang itu ialah Zakiyuddin al Kharrubi dan Syamsuddin Ibnul Qaththan al Mishri.

Kepakaran al Hafizh Ibnu Hajar sangat terbukti. Beliau mulai menulis pada usia 23 tahun, dan terus berlanjut sampai mendekti ajalnya. Beliau mendapatkan karunia Allah Ta’ala di dalam karya-karyanya, yaitu keistimewaan-keistimewaan yang jarang didapati pada orang lain. Oleh karena itu, karya-karya beliau banyak diterima umat islam dan tersebar luas, semenjak beliau masih hidup. Para raja dan amir biasa saling memberikan hadiah dengan kitab-kitab Ibnu hajar Rahimahullah. Bahkan sampai sekarang, kita dapati banyak peneliti dan penulis bersandar pada karya-karya beliau Rahimahullah. Di antara karya beliau yang terkenal ialah: Fathul Baari Syarh Shahih Bukhari, Bulughul Marom min Adillatil Ahkam, al Ishabah fi Tamyizish Shahabah, Tahdzibut Tahdzib, ad Durarul Kaminah, Taghliqut Ta’liq, Inbaul Ghumr bi Anbail Umr dan lain-lain. Bahkan menurut muridnya, yaitu Imam asy-Syakhawi, karya beliau mencapai lebih dari 270 kitab. Sebagian peneliti pada zaman ini menghitungnya, dan mendapatkan sampai 282 kitab. Kebanyakan berkaitan dengan pembahasan hadits, secara riwayat dan dirayat (kajian).

Ibnu Hajar wafat pada tanggal 28 Dzulhijjah 852 H di Mesir, setelah kehidupannya dipenuhi dengan ilmu yang bermanfaat dan amal shalih, menurut sangkaan kami, dan kami tidak memuji di hadapan Allah terhadap seorangpun. Beliau dikuburkan di Qarafah ash-Shugra. Semoga Allah merahmati beliau dengan rahmat yang luas, memaafkan dan mengampuninya dengan karunia dan kemurahanNya.

Nah berikutnya adalah karya karya beliau yang bisa didownload secara gratis disini :

Catatan :   untuk bisa membaca  format file bentuk DJVU silahkan download software WinDJView 0.5  dan untuk file CHM apabila tdk bisa dibuka maka solusinya adalah sbb : arahkan kursor ke file CHM tsb lalu klik kanan kemudian klik Propertis lalu klik unblock turus apply trus ok, insua Allah pasti kebuka.

100 Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Postingan kali ini saya coba menyuguhkan sebuah E-Book sebagai bahan bacaan mengisi waktu luang sahabat smuanya dibulan Ramadhan yang penuh berkah ini.
Sebuah buku karya Michael H Hart yang berjudul 100 Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah. kemudian muncul pertanyaan Siapakah yang paling berpengaruh dalam sejarah? Michael H Hart menyusun daftar urut (peringkat) seratus tokoh dengan argumentasi yang meyakinkan, tetapi juga mengundang perdebatan.
Apa alasan Hart menempatkan Nabi Muhammad pada peringkat pertama? Mengapa pula Nabi Isa menempati peringkat ke-3, sedangkan Isaac Newton peringkat ke-2, John F. Kennedy termasuk ke dalam seratus tokoh, tetapi mengapa Mahatma Gandhi tidak? Siapa yang lebih berpengaruh, Karl Marx atau Kong Hu-Cu? `Umar bin Khattab atau Alexander yang Agung?
Nah agar tidak menjadi tanda tanya besar langsung aja download E-Booknya n baca isinya, Insya Allah pasti bermanfaat, dan utk mendapatkan E-Booknya silahkan lansung Download disini

Marhaban Ya Ramadhan

Get ISLAMIC-Graphics

  • Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu:

Adalah Rasulullah SAW memberi khabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda, “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa’.” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Untuk Lebih mendalami apa dan bagaimana menjalankan ibaah puasa yg benar sesuai dengan tuntunan syariat  maka pastikan anda banyak bembaca dan belajar tentang puasa, nah kali ini saya menawarkan 2 buah E book tentang puasa yang bisa anda download disini :

  1. Edisi lengkap Puasa (chm) Download
  2. Tuntunan Ramadhan (chm) Download

Hadits Hadits Palsu Seputar Puasa Ramadhan

Berikut ini adalah beberapa contoh hadits paslu seputar puasa Ramdhan :

  • Barang siapa yang melewati malam bulan Ramadhan dengan tidak tidur dan tidak pula beribadah maka sesungguhnya dia termasuk golongan orang orang yang begadang tiada artinya  (HR Irama)
  • Dan barang siapa yang pada saat azan magrib belum berbuka karena masih berada dijalan maka sesungguhnya dia orang orang yang lagi kena macet  (HR Rasuna Said)
  • Siapa saja yang menjelang idul fitri belum menerima THR tapi sudah belanja untuk keperluan lebaran maka sungguh dia termasuk orang orang yang kaya  (Riwayat Abu Tajir)
  • Dan Barang siapa yang ketika mendekati lebaran tapi belum membeli keperluan untuk lebaran maka segeralah untuk menuju supermarket terdekat  (Surat Alfamart)

E Book Bahasa Arab (Ilmu Nahwu Syarof)

Belajar bahasa arab sekarang bukan hanya di Pesantren saja namun sekolah umum pun sudah mengharuskannya, nah utk bisa mengerti lebih cepat dalam belajar bahasa arab maka harus dipelajari dengan tata bahasanya yakni ilmu Nahwu dan Syarof.

Dan kali ini saya coba untuk memposting beberapa buah e book yang bisa dijadikan referensi dalam belajar ilmu Nahwu dan syarof agar lebih cepat mengerti dan bisa berbahasa arab. silahkan di download disini dan semoga bermanfaat.


Calibre E Book Management

Punya hobi berselancar didunia maya memang mengasikkan apalagi hobi membaca juga, cocok banget tu…berkelana gogling sana gogling sini nyari bahan bacaan berupa e book gratisan, ini kira kira yang saya lakukan 2 tahun terakhir dan sudah berhasil mengumpulkan se-abrek tumpukan e book.

Lama-lama bingung sendiri juga melihat banyaknya e book sana sini tidak beraturan yang tersimpan dalam Hardisk. nah jika anda juga punya hobi yang sama seperti itu..ini dia solusinya Calibre E Book Management 8.60 sebuah software yang bisa menata rapi ribuan e book layaknya sebuah perpustakaan, software ini mempunyai fitur yang dapat difungsikan dengan baik sehingga tidak bingung lagi dalam menata e book anda bisa memilah berdasarkan author, bahasa, format, dan lainnya. dan hebatnya software ini jg punya fitur convert e book dari file asalnya menjadi file bentuk apapun yang diinginkan, selain itu juga bisa langsung download e book melalui software ini.

nah untuk mendapatkan Calibre E Book Management secara gratis silahkan Download disini

Prinsip Ilmu Usul Fiqh

Kali ini saya coba memposting sebuah E-Book  yang membahas tentang ilmu Usul Fiqh yang berjudul  الاصول من علم الاصول  (Prinsip ilmu usul fiqh) karya Syeih Muhammad Sholeh Al-Utsaimin yang sudah diterjemahkan kedalam bahasa indonesia oleh Abu shilah & Ummu Shilah.

oh ya..dalam buku ini menjelaskan tentang  usul fiqh yaitu sebuah cabang ilmu yang berisikan kaidah kaidah, teori teori dasar tata cara pengambilan an penetapan hukum dalam hukum islam, nah untuk lebih jelas dan lengkapnya silahkan download e-book nya disini

mudah mudahan bermanfaat.

Wassalam…

Film Baru Rhoma Irama “Sajadah Ka’bah”

Setelah lama ditunggu tunggu akhirnya film baru Bang Haji Rhoma Irama akhirnya beredar jg di Dunia Maya, yah banyangin aja setelah resmi diputar dibioskop 7 bulan lalu yakni akhir november 2011 dan baru muncul akhir juni 2012, tapi gk papa lah namanya jg pengen dapet yang gratisan hehehe.
Kenapa saya ngebet banget nunggu film ini? karena selain ngefans ma Bang haji film ini proses syutingnya di tempat kelahiranku yakni Pulau Lombok tercinta Pulau yang terkenal dengan julukan Seribu Masjid tepatnya di Tanjung Aan daerah Lombok bagian selatan yang terkenal dengan pantainya yg sangat indah dan eksotik, disetiap wawancara bang haji tentang film ini beliau selalu mengungkapkan kalau salah satu tujuan beliau membuat film ini adalah utk mempromosikan Pariwisata Pulau Lombok yang indah dan syarat dengan budaya dan kearifan lokalnya.
Dalam film ini bang Haji bermain dengan anaknya Ridho Roma dan pemeran tokoh antagonisnya Ruhut Poltak Sitompul Si Raja minyak dari Medan yang juga Anggota DPR RI fraksi Partai Demokrat. biar gk penasaran kita tonton aja filmnya ok….

Maktabah Shamella

Shamella Library atau maktabah shamella adalah sebuah sofware yg berisikan puluhan ribu kitab  kuning dari berbagai disiplin ilmu semuanya lengkap ada disini dr ilmu qur’an & hadits, Kitab tafsir alqu’an, Kitab hadits dr sembilan imam hadits yang mashur,  Kitab ilmu Tauhid Usuluddin, Kitab Fiqh empat Mazhab, Kitab Ilmu alat (Nahwu,syarof, Mantiq, Balagah, Arud, Usul fiqh an lain lain) insya Allah smua bs idapatkan dlm sofware ini.

 

Nah kalau ingin punya perpustakaan lengkap dengan puluhan ribu kitab dari berbagai disiplin ilmu kenapa tidak menggunakan sofware ini. sengaja sofware ini dibagikan secara gratis untuk kelangsungan generasi dakwah dikalangan umat islam, untuk kali ini saya mencoba membagi maktabah shamela versi 348.7 yg berisikan 10.000 kitab, ukuran file nya sangat besar yakni sekitar 3 Gb yang nantinya sesudah di ektrax akan menjadi lebih dari 10 Gb.

Untuk mendownload sofware maktabah shamella silahkan Klik disini

atau mungkin  anda yang  bisa download dengan menggunakan file Torrent silahkan ambil filenya dengan Klik disini

catatan : karena file ini sangat besar jadi ilmu sabar harus betul betul diterapkan disini hehehe… apalagi kalau  internet yang anda pake sering lemot saya sarankan untuk persiapkan lebih bayak kopi sebagai teman tuk menunggunya.

Kumpulan sofware islami

  1. SalafiDB versi 4.0  adalah sebuah sofware terjemahan kitab Hadits dalam bahasa indonesia yang berisikan : Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Bulugul Maram, Arba’in Nawawiyah dan Riyadus Shalihin. juga dlengkapi dengan ratusan artikel dan E book tentang Hadits serta dilengkapi dengan Alquran n tafsir Ibnu Katsir namun masih berbahasa inggris. untuk mendownload Klik Disini
  2. HaditsWeb 5.0  sofware Hadits berbentuk file chm berisikan pengetahuan dasar tentang ilmu hadits dan berisikan ribuan terjemahan hadits yang diambil dari kitab kitab hadits yang mashur seperti Sahih Bukhari, Shahih muslim, riyadisshalihin, arbain nawawiyah, bulugul maram dan dilengkapi juga dengan kumpulan artikel tentang hadis serta Al Quran terjemahan lengkap dengan audionya serta ringkasan sejarah hidup para ulama hadits. utk download Klik Disini
  3. Digital Ilmu Tajwid  Klik Disini
  4. Kumpulan Kitab hadits berisikan kitab hadits 9 imam dalam versi bahasa arab Klik Disini
  5. Terjemah Tafsir Jalain  Klik Disini

Hadits Sembilan Imam

Posting kali ini saya akan coba memperkenalkan sebuah sofware kitab kuning yaitu Hadits Sembilan imam yang dikeluarkan oleh Lidwa Pusaka (Lembaga Ilmu Dakwah & Publikasi Sarana Keagamaan. sofware ini Menyediakan Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam yang berisi kitab hadits kutubut tis’ah yaitu :

  • Shahih Bukhari,
  • Shahih Muslim,
  • Sunan Abu Daud,
  • SunanTirmidzi,
  • Sunan Nasa’i,
  • SunanIbnu Majah,
  • Musnad Ahmad,
  • Al Muwantha Imam Malik,
  • Sunan Ad Darimi

dengan total 62.000 lebih  hadits sekaligus lengkap  dengan terjemah dalam bahasa Indonesia, juga dilengkapi dengan tingkat keshahihan sebuah hadits serta para perawinya. sofware kitab sembilan imam ini bisa didapatkan dengan mengaksesnya melalui media internet melalui website dengan cara  Klik Disinitapi jika anda ingin menjalankan sofware ini pada saat ofline dan terinstal di komputer atu laktop maka bisa didapatkan dengan membeli sofware ini cara  Klik Disini harganya hanya Rp 389.000, dapat dibanyangkan jika anda membeli dalam bentuk versi cetak bersanad bisa menghabiskan belasan juta rupiah dan saat ofline  sofware ini lebih kaya fitur bisa dijalankan di Windows, Mac, dan Linuc.

Anda tertarik? silahkan mencoba dan mudah2an bermanfaat dan tuntunya barokah amin….

Maher Zain – So Soon

Siapa yang tdk kenal dengan pelantun lagu lagu Islami ini, ya Maher zain penyanyi kelahiran Swedia yang melejit lewat single Isya Allah pada album pertamanya yg bertajuk Alhamdulillah, setelah sukses dengan album pertamanya maka diawal tahun 2012 ini kembali meluncurkan album kedua berjudul “Forgive Me”  dengan single andalan Number One for Me yang telah merilis video klipnya beberapa bulan yg lalu dan kini kembali merilis video klip keduanya utk lagu So Soon.

Lagu yang berjudul So Soon ini bercerita tentang penderitaan seorang anak yatim piatu yang ditinggal mati oleh kedua orang tuanya, Utk itulah klip lagu So Soon ini khusus dibuat menjadi amal bagi anak anak yatim seluruh dunia seperti yg diungkapkan dlm akun resmi Facebook nya “OK here is the new video “So Soon” – made in conjunction with the charity “Save An Orphan”.. Please watch the video then visit their website and see what you can do to help orphans around the world”

Buat agan yang pengen dowaload lagu lagunya Maher zain, ana coba bantu hanya sekedar sisipka link aja

Album pertama “Tank You Allah” bisa di sedot dengan Klik disini

Untuk album yang kedua “Forgive Me” bisa didownload Disini

Belum Haji, Sudah Mabrur

Ini kisah tentang seorang wanita setengah baya, katakanlah nama,y Inak Ma’nah. Siapakah dia? Inak Ma’nah adalah tetangga kami. Dia salah seorang penerima program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang kini sudah berakhir. Inak Ma’nah adalah penerima BLT yang sebenarnya. Maka rumahnya berlantai tanah, berdinding anyaman bambu, tak punya sumur sendiri. Bahkan status tanah yang di tempati gubuk Inak Ma’nah adalah bukan milik sendiri.

Usia Inak Ma’nah sekitar lima puluhan, berbadan kurus dan tidak menikah. Dia sebatangkara. Dulu setelah remaja Inak Ma’nah bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Kota. Namun, seiring usianya yang terus meningkat, tenaga Inak Ma’nah tidak laku di pasaran pembantu rumah tangga.

Dia kembali ke kampungi. Para tetangga bergotong royong membuatkan gubuk buat Inak Ma’nah bersama Ibunya yang sudah sangat renta. Gubuk itu didirikan di atas tanah tetangga yang bersedia menampung anak dan Ibu yang sangat miskin itu.

Meski hidupnya sangat miskin, Inak Ma’nah ingin mandiri. Maka ia berjualan nasi bungkus. Pembeli tetapnya adalah para santri yang sedang mondok di pesantren dekat rumah,y. Tentu hasilnya tak seberapa. Tapi Inak Ma’nah bertahan. Dan nyatanya dia bisa hidup bertahun-tahun.

Kemarin Inak Ma’nah datang ke rumah Haji Sanusi.  sudah bs ditebak  pasti dia mau bicara soal tabungan. Inilah hebatnya. Semiskin itu Inak Ma’nah masih bisa menabung di bank perkreditan rakyat  di mana Haji Sanusi bekerja. Tapi Inak Ma’nah tidak pernah mau datang ke kantor. Katanya, malu sebab dia orang miskin dan buta huruf.

Dia menabung Rp5.000 atau Rp10 ribu setiap bulan. Namun setelah menjadi penerima BLT Inak Ma’nah bisa setor tabungan hingga Rp 250 ribu. Dan Saldo terakhir Inak Ma’nah adalah Rp 650 ribu.

Inak Ma’nah biasa duduk menjauh bila berhadapan dengan Haji Sanusi. Malah maunya bersimpuh di lantai, namun selalu di cegah.”Pak, saya mau mengambil tabungan,” kata Inak Ma’nah dengan suaranya yang kecil.

”O, tentu bisa. Tapi ini hari Sabtu dan sudah sore. Bank kita sudah tutup. Bagaimana bila Senin?”” jawab Haji Sanusi

Senin juga tidak apa-apa. Saya tidak buru-buru.””

Mau ambil berapa?” tanya Haji Sanusi.

”Enam ratus ribu, Pak.

””Kok banyak sekali. Untuk apa,?”

Inak Ma’nah tidak segera menjawab. Menunduk, sambil tersenyum malu-malu. ”Saya mau beli kambing kurban, Pak. Kalau enam ratus ribu saya tambahi dengan uang saya yang di tangan, cukup untuk beli satu kambing.”

Haji Sanusi tahu Inak Ma’nah amat menunggu tanggapan,y. Bahkan dia mengulangi kata katanya karena Beliau  masih diam. Karena lama tidak memberikan tanggapan, mungkin Inak Ma’nah mengira  tidak akan diberikan uang tabungannya. Padahal Haji sanusi lama terdiam karena sangat terkesan oleh keinginan Inak Ma’nah membeli kambing kurban.

”Iya,  Senin besok uang Inak Ma’nah sy akan diberikan sebesar enam ratus ribu, kta Haji Sanusi.” Tapi, sebenarnya kamu tidak wajib berkurban,  bahkan wajib menerima kurban dari saudara-saudara kita yang lebih berada. Jadi, apakah niatmu  benar-benar sudah bulat hendak membeli kambing kurban?

””Iya Pak. Saya sudah bulat. Saya benar-benar ingin berkurban. Selama ini memang saya hanya jadi penerima. Namun sekarang saya ingin jadi pemberi daging kurban.

””Baik, . Besok senin uang kamu akan saya ambilkan di bank .

”Wajah Inak Ma’nah  benderang. Senyumnya ceria. Matanya berbinar. Lalu minta diri,dan dengan langkah-langkah panjang,y  Inak Ma’nah pulang.

Setelah Inak Ma’nah berlalu, Haji Sanusi termangu sendiri. Kapankah Inak Ma’nah  mendengar, mengerti, menghayati, lalu menginternalisasi ajaran kurban yang ditinggalkan oleh Kanjeng Nabi Ibrahim?

Mengapa orang yang sangat awam itu bisa punya keikhlasan demikian tinggi sehingga rela mengurbankan hampir seluruh hartanya?

Pertanyaan ini muncul karena umumnya ibadah haji yang biayanya mahal itu tidak mengubah watak orangnya. Mungkin saya juga begitu. Ah, Inak Ma’nah, saya jadi malu. Kamu yang belum naik haji, atau klo diliat dr segi ekonomi tidak akan pernah naik haji, namun kamu sudah jadi orang yang suka berkurban. Kamu sangat miskin, tapi uangmu tidak kau belikan makanan, televisi, atau pakaian yang bagus. Uangmu malah kamu belikan kambing kurban. Ya, Inak Ma’nah. Meski saya dilarang dokter makan daging kambing, tapi kali ini akan saya langgar. Saya ingin menikmati daging kambingmu yang sepertinya sudah berbau surga. Mudah-mudahan kamu mabrur sebelum kamu naik haji.

Subhanallah…….

E-Book Kitab Karya Imam Nawawi

Assalamualaikum…

Sobat yang tercinta semuanya kali ini postingan saya tentang e book kitab hasil karya seoraang ulama besar sepanjang masa yakni Imam Nawawi, untuk mengetahui siapa sebenarnya beliau dan bagaimana kisah perjalanan hidupnya silahkan baca Biografi Imam Nawawi.

Disini saya coba kenalkan 3 dari ratusan hasil karya beliau yang bisa didownload e-booknya yaitu :Arbain Nawawiyah, Riyadus Shalihin dan Al Adzkar.

Arbain An Nawawi :

  • Bagian 1 Arbain An Nawawi (chm) Download
  • Bagian 2 Arbain An Nawawi (chm) Download

Riyadhus Shalihin :

  • Riyadhus Shalihin bagian 1 (rar) Download
  • Riyadhus Shalihin bagian 2 (rar) Download

Al Adzkar :

Sebentar Lagi Ramadhan

Alhamdulillah puasa tahun ini Zahwa sudah full sampai sore (ya harus lah … kan dah kelas 2 SD), sementara Putri dah mampu ampe jam 10 (walaupun hari pertama puasa tiba2 jam delapan pagi dah makan puding..hehehe maklum…br 2,5 thn).

Zahwa & Putri alhamdulillah gak susah kalau di bangunin u/ sahur, Gak rewel apalagi pake acara nangis.

Trus alhamdulillah juga hampir setiap hari kami sekeluarga shalat tarawih di Masjid dekat rumah. Pertama2 sempat khawatir juga kalau2 Si Putri tiba2 ngambek or ngegangguin orang lain. Tapi ternyata Putri gak gitu2 ganggu kok. palingan dia jalan ke kanan, ke kiri, trus balik lagi ke Ibunya (mun base sasak jak inak unin). Zahwa & Putri juga selalu semangat jika diajak tarawih.

Ya Allaahhhh…..sebentar lagi Ramadhan,

yah,,,,,sendiri lagi dh!!!

maseh kuat dlm ingatan suasana ramadhan 2 taun kemaren saat maseh ngejalanin bersama kluarga,

saaat teringat suasana spt itu,,,rasanya mata ini pengen ngeluarin air,y dan mulut pengen ngeluarin suara tangis,y namun kucoba tuk selalu tegar dan bertahan,,(ndek semel nangis ite wah toak)

Marhaban ya Ramadhan…….

Tanpa Disadari

11 bulan sdh berlalu…

banyak kata sudah diucapkan dan dilontarkan

tak semua menyejukkan,

11 bulan sdh berlalu…

banyak perilaku yang sudah dibuat dan diciptakan

tak semua menyenangkan,

11 bulan sdh berlalu…

banyak keluhan, kebencian, kebohongan

menjadi bagian dari diri ini

Selamat menunaikan Ibadah Puasa

bersama kita leburkan kekhilafan………mohon maaf lahir bathin

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”

Penantian Puluhan Tahun seorang Gadis

“Semoga catatan ini bisa memberi hikmah bagi kita dan para Akhwat yang sampai detik ini belum dipertemukan dengan jodohnya”

Sholat jum’at baru saja usai ditunaikan. Pak Yunus seperti biasa masih berada dalam masjid bersama beberapa bapak yang lain. Tiba-tiba, baru saja selesai berdzikir, Pak Daud menghampiri Pak Yunus: menepuk pundak Pak Yunus lantas berjabat tangan. Ya, Pak Yunus dan Pak Daud sudah berteman sejak lama semenjak dipertemukan dalam satu pengajian.
“Gimana kabarnya Pak?”, sapa Pak Daud“ Alhamdulillah baik. Bapak sendiri gimana?”, balas Pak Yunus“Alhamdulillah.. (terdiam sebentar). Ngomong-ngomong,, masih sendirian aja nih Pak?”,Pak Daud melempar pertanyaan gurauan yang selama ini sering diajukannya. Pak Yunus hanya tersenyum seperti biasanya jika ditanya hal itu.
Semenjak istri Pak Yunus meninggal dunia beberapa tahun lalu, Pak Yunus menjalani hari harinya tanpa pendamping. Usianya yang sudah kepala 6 pula yang sepertinya menjadi salah satu keputusan untuk tak ingin menikah lagi. Ketiga anaknya yang telah berkeluarga membuat Pak Yunus semakin kesepian. Ya, sebagai seorang laki-laki, terkadang perasaan membutuhkan seorang pendamping di hari tua, juga dialami oleh Pak Yunus.Banyak teman di sekitar Pak Yunus yang menyarankan untuk menikah lagi, termasukPak Daud.

***1 Syawal 1430 H***

“Hei,, saudara-saudara,, Tasya mau nikah 2011 nanti..”, Mira, menantu Pak Daud, tiba-tiba berteriak di ruang tengah saat kumpul keluarga besar Pak Daud. Spontan, saudara saudara yang lain langsung bertanya ke yang bersangkutan, Tasya, anak bungsu Pak Daud.
“Bener Sya? ”“Bener ka Tasya?” Tasya hanya menanggapi pertanyaan-pertanyaan itu dengan senyuman, sambil berkata:“Itu hanya rencana pribadi. Belum tahu rencana ALLAH nantinya..”
Di sisi lain, Tante Yeni hanya terdiam, dan tersenyum yang cukup dipaksakan. Tante Yeni adalah adik perempuan Pak Daud yang belum juga bersuami di usianya yang menjelang kepala 5. Tasya menangkap semburat yang tidak mengenakkan ketika melihat wajah tante Yeni.Tasya sadar dan merasakan apa yang tante Yeni rasakan : keponakannya sudah merencanakan akan menikah,, sementara dirinya??. Mungkin hal itulah yang ada di pikiran tante Yeni, pikir Tasya.
Tante Yeni memang belum menikah hingga saat ini, yang mungkin seharusnya sudah saatnya mempunyai anak atau bahkan menimang cucu. Tapi, ya itulah jodoh. Tante Yeni bisa dibilang belum menemukan jodohnya hingga saat ini. Apakah karena masalah kecantikan? Ooohh,, tentu tidak! Tante Yeni cukup cantik dengan kulit putihnya. Apakah karena agamanya? Oooohh,, jangan salah,, tante Yeni adalah wanita yang sangat menjaga qiyamullail. Apakah karena hartanya? Ooohh,, tentu saja tante Yeni cukup mandiri untuk menghidupi dirinya walaupun tanpa pekerjaan tetap, yang penting tetap berpenghasilan. Apakah karena keturunannya? Ooohh,, tante Yeni adalah keturunan terhormat, dari bapak yang seorang kepala sekolah.
Lantas,, apa yang membuatnya sampe hingga saat ini belum juga menikah?? Ya, itulah misteri jodoh. Kita tak kan pernah tahu kapan datangnya, dan kita takkan pernah tahu dengan siapa kita berjodoh. Kita hanya bisa menanti, berusaha, berdo’a dan terus memperbaiki diri.
Seperti jum’at biasanya, beberapa bapak masih berdzikir di dalam masjid usai sholat jum’at, termasuk Pak Yunus dan Pak Daud. Pak Yunus menghampiri Pak Daud yang sedang berada di pojok masjid.
“Assalamu’alaikum. Pak..”, sapa Pak Yunus sambil menjabat tangan Pak Daud.“Wa’alaikumusalam..”, jawab Pak Daud hangat.
lalu Pak Yunus menyampaikan maksudnya; ia ingin menikah lagi dan ingin mencoba berkenalan dengan adik perempuan Pak Daud, tante Yeni. Pak Daud dengan senang hati menerima tawaran itu dan mengabarkan hal ini kepada adiknya, tante Yeni. Tante Yeni pun mengiyakan; hal ini yang tentunya sangat dinantikan tante Yeni.

Pertemuan pertama pun sudah diatur oleh Pak Daud. Pak Daud menemani Pak Yunus untuk berkunjung ke rumah orang tua Pak Daud, yang tak lain dan tak bukan adalah tempat tinggal tante Yeni. Mereka berbincang dan berkenalan lebih dalam. hanya 4 kali pertemuan dan kedua belah pihak keluarga juga menyetujui, termasuk anak-anak Pak Yunus. Akhirnya khitbah pun dilangsungkan.

Keluarga besar Pak Daud telah berkumpul sejak pagi di rumah orang tua Pak Daud. Hari ini akan ada ada pertemuan dua keluarga: keluarga Pak Yunus dan keluarga tante Yeni. Di sela-sela persiapan khitbah, Tasya menemani tante Yeni di kamarnya dan bermaksud mendapatkan cerita yang menarik dari proses ini. Proses menuju pernikahan seorang gadis berumur 40-an dengan duda berumur 60-an,
Gimana tante perasaannya?”, tanya Tasya to the point. “Yaaaa,, gak nyangka aja. Padahal kamu yang udah ngerencanain nikah, sedangkan tante gak punya rencana apa-apa. Tapi ternyata sekarang tante mau dilamar..”, jawab tante Yeni sumringah. “Ya,, gitu deh kalo udah rencana ALLAH.
Aku juga itu baru rencana pribadi. Gak tau deh ke depannya gimana. Mungkin bisa dipercepat atau diperlambat sama ALLAH dari rencanaku.”, Tasya semakin bijak dalam kata-kata.“Iya, padahal kan tante udah hampir 50 umurnya. Tapi ternyata emang baru saat ini ALLAH memberikan jodoh itu. Nggak tau kenapa pas sama Pak Yunus, terasa dimudahin banget prosesnya, cuma 4 kali ketemuan. Pas ketemuan 2 kali, dia sms kalo mantap dengan pilihannya. Pas ketemu sama anak-anaknya, tante juga gak merasa takut, biasa aja. Ya, tante mah berdoa aja sama ALLAH, jika memang ini yang terbaik maka dekatkanlah dan mudahkanlah, dan jika memang bukan terbaik untukku, maka jauhkanlah dengan baik-baik. Alhamdulillah,, proses itu dimudahkan dan hati tante pun mantap.”, cerita panjang tante Yeni begitu membuat Tasya terperangah. “Semoga lancar ya Tan,, ke depannya..”, Tasya menguatkan tante Yeni, sambil bersiap menuju ruang keluarga karena sudah banyak yang menunggu.

Setelah khitbah, hari itu juga keluarga besar tante Yeni pun berkumpul untuk membicarakan resepsi pernikahan yang sungguh unik ini. Mulai dari membuat undangan, kepanitiaan sampai pembagian tugas. Ya, resepsi pernikahan yang akan dilangsungkan tak jauh beda dengan resepsi pernikahan pasangan muda pada umumnya.

Akad nikah yang dilangsungkan beberapa hari setelah Hari Raya Idul Adha begitukhidmat. Undangan para anak yatim piatu turut merasakan kebahagiaan kedua mempelai pada resepsi pernikahan. Dan kini, doa tante Yeni terkabul sudah; menutup masa lajangnya.

Saudaraku, yakinlah bahwa ALLAH telah menyiapkan skenario terbaik untuk kita dalam masalah jodoh. Tak perlu khawatir. Karena ALLAH telah menegaskan dalam Q.S An-Nahl:72

“Dan Allah telah menjadikan jodoh-jodoh kamu sekalian dari jenismu sendiri, lalu menjadikan anak-anak dan cucu bagi kamu dari jodoh-jodohmu.”

Sobat, jangan pernah terbersit sedikitpun bahwa ALLAH tak adil karena sampai saat ini jodoh belum juga menghampiri. Coba instrospeksi diri. Gunakan masa penantian jodoh ini dengan terus berikhtiar, berdoa dan terus sibuk memperbaiki diri. Bukankah kita menginginkan jodoh yang baik? Seperti yang dijanjikan-NYA dalam Q.S An-nuur:26

“Wanita – wanita yang keji adalah untuk laki – laki yang keji dan laki – laki yang keji adalahuntuk wanita yang keji. Dan wanita – wanita yang baik adalah untuk laki – laki yang baik,dan laki – laki yang baik adalah untuk wanita – wanita yang baik (pula).”

“Barakallahu Laka Wa Baraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fi Khair”

GusDur Kirim Tim Ekonomi ke AS

Ketika Gus Dur menjadi Presiden RI, beliau mengirim tim ekonominya ke AS untuk
bertemu dan meminta pandangan Presiden Bill Clinton tentang Ekonomi Indonesia
yang saat itu sedang didera krisis.

Sesampainya di AS, tim ekonomi disambut di Gedung Putih namun dengan nada yang
sangat pesimis, kami di AS punya Johny CASH (aktor di Las Vegas), Stevie
WONDER (penyanyi kondang), dan Bob HOPE (pelawak tenar) demikian sambut
Clinton. anda di Indonesia, tidak punya CASH (uang tunai), tidak ada WONDER
(keajaiban), jadi tidak ada HOPE (harapan) . CASHLESS, WONDERLESS, dan
HOPELESS! Tegas Bill.

Tim ekonomi Indonesia pun pulang dengan wajah tertunduk lesu.Sesampainya di
Istana Merdeka, Tim ekonomi melapor kepada Presiden Gus Dur.giimana hasil
kunjungan ke AS? Sapa Gus Dur.Ketua Tim ekonomi pun berkeluh kesah: wah,
payah Gus! Menurut Clinton Indonesia tidak punya Johny CASH, Stevie WONDER, dan
Bob HOPE. Jadi kita CASHLESS, WONDERLESS, dan HOPELESS! Pendeknya susah deh,
Gus!…..sambil senyum-senyum, Gus Dur menjawab dengan jenaka dan cerdik:
gitu aja kok repot!!! Kita memang tidak punya Johny CASH, Stevie WONDER, dan Bob
HOPE. Tapi kita punya banyak SLAMET, HARTO, dan UNTUNG!!!

Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMP & SMA

Buku merupakan salah satu sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu permasalahan perbukuan dalam era otonomi daerah dewasa ini adalah ketersediaan buku yang memenuhi standar pendidikan nasional dengan harga murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Untuk mengatasi hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah membeli ak cipta buku teks pelajaran dari penulis/penerbit. Selanjutnya buku-buku tersebut disajikan dalam bentuk buku elektronik  (E-Book) dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE).

Nah menyambung postingan saya sebelumnya Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk SD/MI maka kali ini saya posting untuk yang SMP dan SMA,  tidak perlu membeli cd nya karena disini buku bukunya sdh digabungkan sesuai perkelas dan berisikan buku pelajaran elektronik (BSE) seluruh mata pelajaran, untuk download buku ini gratis kok alias gak pake bayar tinggal menuju link  dibawah ini

Atau link penyedia BSE yang lain, bisa memakai mesin pencarian google dengan kata kunci Buku sekolah elektronik

Pencairan Dana SPP Fase II 2014 Kecamatan Narmada

pencairan sppNarmada KM, Sebanyak 91 Kelompok Simpan Pinjam Khusus Perempuan di kecamatan Narmada mendapatkan bantuan dana bergulir dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) untuk penambahan modal usaha bagi masyarakat yang memiliki usaha skala kecil. Besarnya bantuan yang akan didapatkan oleh masing-masing kelompok mulai dari 10 juta sampai dengan 50 juta, tergantung besar kecil usahanya dan jumlah anggota kelompok.

Adapun total dana yang akan digulirkan oleh UPK Kecamatan Narmada pada Siklus II tahun 2014 untuk kelompok-kelompok tersebut sebesar 3.7 Milyar, dengan target pencairan sampai dengan akhir akhir tahun ini. Baca lebih lanjut

Wakil Bupati datangi Dusun Tempit

mahripSudah menjadi tradisi bagus setiap bulan suci ramadhan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat mengadakan Safari ramadhan keseluruh desa yang ada diwilayah kabupaten Lombok Barat, seperti yang terjadi didusun Tempit Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada Lobar malam Jum’at Tanggal 25 Juli 2013 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1424 H, Tim II yang dikomandoi oleh H Mahrip MM yang juga adalah Wakil Bupati Lombok Barat datang bersafari ke Masjid Nurul Latif Dusun Tempit. diawal acara Kepala Desa Mekar sari Sapinah memberikan kata sambutan selamat datang pada Tim II Safari Ramadhan Kabupaten Lobar dan juga sedikit menjelaskan tentang keaadan desa mekar sari baik dari jumlah penduduk, letak gegrafis maupun potensi yang bisa dikembangkan kedepan.

Acara safari yang juga dirangkai dengan peringatan Nuzulul quran itu dimulai dengan sholat Isya berjamaah lalu sholat tarawih dan witir,  dalam sambutannya Wakil bupati Lobar menyampaikan pentingnya kebersamaan hati dan  pemikiran antara pemerintah dan masyarakat supaya pembangunan berjalan lancar karena saling mendukung itu sangatlah penting dan itu bisa dicapai salah satunya lewat silatuirrahmi antara pemerintah dan Masyarakat melalui program safari Ramadhan. sedangkan ceramah agama disampaikan oleh TGH Ilham yang dalam tauziahnya beliau menekankan pentingnya pendidikan  pada anak anak terutama pendidikan agama, mempelajari Al quran adalah kewajiban bagi setiap orang islam terlebih Al quran merupakan sumber ilmu dan sumber hukum bagi kita semua lanjut Tuan Guru yang dikenal selalu kocak dalam menyampaikan ceramahnya.

selain Wakil Bupati hadir juga beberapa SKPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Lombok barat, Tim Kecamatan narmada, Kapolsek narmada, Toga dan Toma sedesa Mekar sari. kesempat itu juga Wakil Bupati Lobar menyerah bantuan berupa uang tunai 2.500.000 untuk Pembangunan Masjid juga 5 buah mushap Al quran Patut Patuh Patju serta sebuah jam Dinding yang diterima oleh Agif kepala Dusun Tempit.