Cara Membuat Kimchi

Meneruskan Posting sebelumnya tentang masakan Kimchi khas Korea maka kali ini saya coba untuk menyajikan bagaimana cara membuatnya, varietas Kimchi di Korea sangatlah banyak namun yg paling umum dan terkenal adalah Kimchi yg terbuat dari Kubis karena  Kim chi yang dibuat dengan kubis sangat sarat dengan indole-3-carbinol (I3C), suatu senyawa yang juga diakui sebagai senyawa pelawan kanker yang kuat. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa I3C dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker dan bahkan dapat menghentikan pertumbuhan tumor pada tubuh.

Berikut cara buatnya :

  • Sediakan Kubis segar kemudian cuci lalu dipotong sedang tidak usah terlalu kecil

  • Garam secukupnya agar terasa agak sedikit asin  yang sebelumnya garam sdh dilarutkan dengan air hangat lalu tuangkan kedalam potongan kubis tadi kemudian diaduk rata sambil diremas pelan pelan lalu didiamkan selama 4 jam pada suhu kamar, penambahan garam disini berfungsi untuk mengeluarkan kelembaban pada kubis dan berfungsi jg sebagai pengawet.

Tampilan Kubis setelah di biarkan selama 4 jam

Siapkan Bumbu bumbunya :

  • Bubuk Cabai merah besar halus (1/4  cangkir) Larutkan dengan air hangat
  • Bawang putih cincang (1 sendok makan)
  • Jahe cincang (1 sendok makan)
  • Tiga sampai empat daun bawang, iris.
  • Dua sendok makan saus ikan teri atau saus ikan. Jika Anda lebih memilih versi vegetarian, Anda dapat melewatkan langkah ini.
  • Gula secukupnya sebagai rasa manis
  • Buah apel dan buah pir setengah mateng ukuran kecil diblender untuk ramuan adonannya.

Masukkan semua bumbu dan adonan ramuan kedalam Kubis yang tadi sudah dibiarkan selama 4 jam dalam suhu kamar kemudian dicampur agar bumbu dan adonan meresap.

Maka tampilannya akan seperti ini setelah dicampurkan bumbu dan adonan ramuan tersebut

Kemudian masukkan adonan kubis kedalam wadah yang mempunyai tutup, jangan di isi sampai penuh berikan sedikit ruang agar hasil fermentasinya sempurna, lalu biarkan dalam suhu kamar selama 24 jam dalam keadaan tertutup setelah itu baru dimasukkan ke dalam pendingin atau Kulkas, selama 3 atau 4 hari atau lebih karena Kimchi bisa tahan sampai 2, 3 bulan semakin lama proses fermentasinya maka tingkat keasamannya semakin tinggi.

Kimchi yang baik adalah saat sudah berumur sekitar satu minggu.

selamat mencoba….

Iklan

      • bukan tiap hr lagi malah setiap kali makan orang korea hrs kimchinya, klo udah ketagihan malah semakin enak dan tdk efek sampingnya.
        semakin bagus buat kesehatan, kimchi jg berfungsi utk membakar lemak jadi biar makan sebanyak apapun orang korea jarang yg gemuk

  1. kalo ada “link ngicip”, pasti udah saya towel duluan, cobain rasanya. baru setelah itu ramerame ngajak satu erte buat kimchi bersamasama 😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s